Tuesday 21 February 2012

CARA KERJA RADIOSONDE


Radiosonde yang dipasang pada balon cuaca untuk mengukur parameter-parameter atmosfir seperti temperatur, tekanan, dan kelembaban udara. Data ini kemudian dikirimkan ke suatu alat penerima. Data ini kemudian dikirimkan ke suatu alat penerima kemudian mengirimkan data tersebut ke stasiun penerima “tetap”.
Radiosonde untuk pengukuran ozon biasanya disebut dengan ozonesondes, sedangkan rawinsonde adalah radiosonde yang dapat juga mengukur kecepatan angin dan arahnya.
            Radiosonde adalah alat untuk mengukur tekanan , suhu, arah dan kecepatan angin dan kelembaban udara diberbagai lapisan udara . alat tersebut berfungsi sebagai alat ukur untuk mengetahui karakteristik keadaan cuaca dari lapisan permukaan sampai lapisan tingkat atas.
Sistem radiosonde terdiri dari tiga komponen yaitu :
1.        Pemancar (transmitter)
Berfungsi sebagai pengirim signal yang berasal dari sensor . pada umumnya ada tiga sensor yang dipasang pada pemancar antara lain :
·      Sensor suhu  yang memancarkan signal temperatur  (suhu ) lapisan atas
·      Sensor tekanan yang berfungsi memancarkan signal tekanan pada lapisan tipis.
·      Sensor kelembaman  (lengas udara) yang berfungsi untuk mengirimkan signal kelembaman udara pada lapisan tingkat atas.

2.        Antena penerima
Alat ini berfungsi sebagai alat penerima yang dipancarkan oleh pemancar radiosonde yang dilepaskan keudara . untuk memperoleh signal yang baik , antena harus diarahkan kepancar radiosonde dengan tepat.  Untuk  alat mutakhir  pengaturan ini dapat dilakukan secara automatik. Dengan pelacakan yang terus menerus dapat menghasilkan letak dari  radiosonde pada setiap saat dapat digunakan untuk mengetahui arah dan kecepatan angin pada setiap lapisan atmosfer.

3.        Radio penerima atau radio pemroses
Radio penerima adalah satu set peralatan yang dapat menerima dan memperbesar signal yang dikirimkan oleh pemancar melalui antena penerima sehingga signal dapat dibaca, selanjutnya signal-signal yang telah diperbesar oleh raddio penerima dirubah menjadi gerak-geraak elektronik dan mekanik sehingga data yang diperoleh dari signal dapat dirubah menjadi bentuk-bentuk angka- angka atau grafik-grafik. Alat tersebut disebut prosesor atau perekam (rekorder).

No comments:

Post a Comment