Tuesday 21 February 2012

PERUBAHAN SUHU PADA ATMOSFER


Lapisan Troposfer
            Pada lapisan ini terdapat penurunan suhu yang terjadi karena sangat sedikitnya troposfer menyerap radiasi gelombang pendek dari matahari, sebaliknya permukaan tanah memberikan panas pada lapisan troposfer yang terletak di atasnya; melalui konduksi, konveksi, kondensasi dan sublimasi yang dilepaskan oleh uap air atmosfer.
            Udara troposfer atas sangat dingin dengan demikian lebih berat dibandingkan dengan udara diatas tropopause sehingga udara troposfer tidak dapat menembus tropopause. Ketinggian tropopause lebih besar di ekuator daripada di daerah kutub. Di ekuator, tropopause terletak pada ketinggian 18 km dengan suhu  800 C, sedangkan di kutub tropopause hanya mencapai ketinggian 6 km dengan suhu 400 C.

Lapisan Stratosfer
            Lapisan atmosfer diatas tropopause merupakan lapisan inversi, artinya suhu udara bertambah tinggi (panas) seiring dengan naiknya ketinggian. Disebut juga lapisan Isothermis. Kenaikan suhu ini disebabkan oleh lapisan ozonosfer yang menyerap radiasi ultra violet dari matahari. Bagian atas stratosfer dibatasi oleh permukaan diskontinuitas suhu yang disebut stratopause. Stratopause terletak pada ketinggian 60 km dengan suhu 00 C

Lapisan Mesosfer
            Lapisan mesosfer ditandai dengan penurunan orde suhu 0,40 C setiap 100 meter, karena lapisan ini mempunyai keseimbangan radiasi yang negatif. Bagian atas mesosfer dibatasi oleh mesopause yaitu lapisan di dalam atmosfer yang mempunyai suhu paling rendah, kira-kira -1000 C. Ketinggian sekitar 85 km.

Lapisan Thermosfer
            Lapisan ini terletak pada ketinggian 85 km dan 300 km yang ditandai dengan kenaikan suhu dari 1000 C sampai ratusan bahkan ribuan derajat. Bagian atas lapisan atmosfer dibatasi oleh termopause yang meluas dari ketinggian 300 km sampai pada ketinggian 1000 km. Suhu termopause adalah konstant terhadap ketinggian, tetapi berubah dengan waktu, yaitu dengan insolasi (incoming solar radiation). Suhu pada malam hari berkisar antara 300 dan 12000 C dan pada siang hari antara 700 dan 17000 C. Densitas termopause sangat kecil, kira-kira 10 kali densitas atmosfer permukaan tanah.

No comments:

Post a Comment