Friday 24 April 2015

Tersenyum atau Tertawa...?

Masalah pasti kita temui, tapi masalah tersebut tidak serta merta membuat kita menjadi gelap mata.
Sering kali penyelesaian sebuah masalah dengan komunikasi. Permasalahan selanjutnya adalah kita tidak bisa berkomunikasi dengan lancar jika cara berpikir kita tercemar dengan amarah atau emosi.

Setidaknya kasih sedikit senyuman pada masalah yang kalian hadapi, kalau kalian tidak tau bagaimana cara memberikan senyuman, baca tiap kalimat yang diberikan.

Dok, tolong selametin anak saya! || Tenang dulu bu! Anak ibu kenapa? || Anak saya ulang tahun dok! Selametin ya… 

Rapi amat lo Dul, mau kemana? || Nonton konser Mak! || Dimana? || Di Youtube || Oh, baek baek yak || Iye mak 

Bang, bakso dong || Boleh || Sambelnya banyakin dikit || Mau lu apa sih, banyak ape sedikit? 

Bang, nasi goreng satu || Pedes apa ga?|| Mana gue tau? Kan belum nyicipin! 

Bang bubur satu ya || Pakai kacang? || Pakee.. || Dikasih ayam Mas..? || Kalau dikasih ayam gue makan apa? 

Saya mau ngelamar kerja, ini poto copy ijazah saya || Kok poto copy?!? aslinya mana…???|| Tegal…!! 

Bang maaf, disini ruangan ber-AC, jadi nggak boleh ngerokok. || Oh maaf pak, lupa matiin AC-nya…!!! (Ambil remote) 

Bang, kok mie ayamnya gak ada ayamnya? || Lah, lu kalau beli lem tikus emang ada tikusnya?

Mbak minta es teh || Manis gak? || Gak usah manis-manis, yang penting setia dan mau menerima saya apa adanya

Guru: Ayo anak-anak coba sebutkan ciri-ciri gunung aktif || Murid: miscall aja bu, kalo nyambung berarti aktif 

Dek sekolah di mana?, kok bajunya kotak-kotak hitam putih gitu? || Sekolah TK || TK mana? || TK teki silang 

Abang bakso, gerobaknya rusak ya? || Enggak koq.. || Lah… Koq didorong??


Dari berbagai kalimat yang disampaikan, kita bisa belajar kalau komunikasi tak sesuai dengan apa yang selama ini kalian lakukan. akan tetapi pola-pikir penanya dan pemberi jawaban pada percakapan yang terjadi bisa dijadikan rujukan kalau tiap masalah yang dihadapi, bisa diselesaikan dengan banyak jawaban. tergantung kalian menggunakan otak bagian mana..!!!

No comments:

Post a Comment