Saturday 20 December 2014

7 manfaat nyontek

        saya lupa ini artikel dapat dari mana, mungkin ada teman yang 'bikin' di laptop saya dan masih tersimpan rapi disini. semoga yang bikin artikel dapet pahala karena bisa bikin pembaca blog ini tertawa dan mengenang kelakuan masa mudanya :D


BAB I PENDAHULUAN

            Kegiatan mencontek bukanlah kegitan yang sepele, harus dilakukan dengan penuh kewaspadaan, profesional dan dedikasi yang tinggi karena jika dalam ujian memanfaatkan kegiataan ini bilaman kepergoki oleh guru pasti sangat memalukan dan menyebalkan. Kegiatan ini merupakan warisan nenek moyang yang perlu dilestarikan sepertinya.
kegiatan menyontek merupakan kegiatan yang paling populer dikalangan masyarakat, terutama bila dibandingkan dengan pemecahan guiness worl record untuk memberikan penghargaan bagi orang-orang yang memiliki kelebihan, Tidak ada satu orang pun dalam rekor tersebut yang berhasil memecahkn MASTER OF CONTEK (karena memang tidak ada pemecahan kategori demikian dalam ajang ini) atau mungkin sebuah OLIMPIADE dalam bidang tertentu, tidak ada yang namanya CONTEK OLYMPIADS INTERNATIONAL. Walaupun begitu mari kita berpikir logis: kalau nyontek tidak bermanfaat mana mungkin generasi-generasi kita terdahulu melakukan hal demikian? Inilah yang akan dibahas dalam makalah ini. Menurut profesor gen yang diliput di GOOGLE (7 juli 2011) sedikit nya ada 7 manfaat dalam mencontek, akan dijelaskan dibab selanjutnya

BAB II  ISI

1.      MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN KEBERANIAN MENGAMBIL RESIKO SERTA MENINGKATKAN ADRENALIN
   seperti yang sudah saya sebutkan diawal, bahwa nyontek memiliki resiko dan konsekuensi yang tinggi. salah satunya, kalau sobat ketahuan nyontek tentunya akan dimarahi oleh Bapak atau Ibu guru. Meskipun mereka juga waktu sekolah pernah melakuakan hal serupa. Dan lebih parah lagi kalau kebetulan GURU KILLER yang mengetahui, kertas ujian kita bisa dicabut dan diberi NILAI NOL.
jadi sudah bisa dipastikan bahwa orang-orang yang nyontek adalah mereka yang mau mengambil resiko, kita juga tau bahwa hidup ini pilihan yang penuh resiko. belajar nyontek sama artinya dengan belajar mengambil resiko.

2.      MENINGKATKAN KREATIVITAS
   Bagi saya, nyontek bukan sekedar kegiatan biasa, tapi sebuah seni yang dilalamnya tentu memiliki sebuah kreatifitas. dan orang-orang nyontek adalah orang dengan kreatifitas tinggi. PERLU dicatat bahwa kemungkinan para guru adalah mantan contekker juga dahulunya. jadi, tentunya mereka sudah tahu bagaiman kebiasaan murid dalam mencontek dan sudah punya alternatif untuk menangkalnya. karena itulah jika kelak kita menjadi guru nanti kita haruslah belajar nyontek untuk memacu kreatifitas kita dan mempunyai penangkal yang ampuh untuk menghadapi jurus-jurus nyontek cara modern dan terkini dari murid-murid kita kelak.

3.      MEMILIKI BANYAK WAKTU LUANG UNTUK HAL LAIN
   Mereka yang tidak mencontek, harus belajar siang dan malam dan sedikit punya waktu untuk bersantai untuk menghadapi ujian. tujuannya tentu untuk memperoleh nilai yang bagus. Lain halnya dengan CONTEKKERS. Mereka malah memiliki waktu yang banyak untuk melakukan aktivitas lain selain belajar, dalam hal ini.

BERMAIN-MAIN.
 Nah, lalu bagaimana saat contekkers menghadapi ujian? jawabnya gampang hanya dengan secarik kertas berisi tulisan kecil-kecil, insyaALLAH nilai bagus akan didapatkannya.jadi jika kita sibuk dengan berbagai hal dan menuntut kita untuk profesional dalam mengerjakannya tentunya banyak waktu yang harus terbuang sedangkan besok ujian dan harus mendapat nilai bagus, tentunya juga membutuhkan banyak waktu untuk belajar.
apa bisa demikian kita fokus ke dua hal sekaligus???? TENANG..... solusinya belajar sedikit saja + ambil secarik kertas tulis kecil-kecil dan gunakan waktu ujian nanti dengan kreatifitas anda.
            HIDUP NYONTEK !!!

4.      MELATIH KERJASAMA DAN MEMPERERAT PERTEMANAN ANTAR CONTEKKERS
   seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi terkini kegiatan ini menjadi sulit dilakukan dengan individu pasalnya GURU menjaga ketat ruangan, terlebih lagi terus mengawasi orang-orang yang sering kepergoki.
Para contekkers pun tidak kehilangan akal untuk mencapai tujuan mereka yang tidak lain adalah untuk mencari NILAI BAGUS, YAKNI DENGAN ADANYA KERJASAMA. Kerjasama dalam menyontek terbukti lebih akurat dari pada dilakukan secara per-individu.
Bahkan sebelum nyontek pun terlebih dahulu diadakan BRIEFING. Menyusun Strategi yang bagus, membagi tugas, lalu berdoa bersama-sama.
Perlu dicatat juga bahwa NYONTEK dapat memperkuat tali persahabatan, kita akan sangat akrab dengan teman-teman kita jika kita membangun sebuah SISTEM INI.  SEKALI LAGI HIDUP NYONTEK !!!!!
  
5.      Meningkatkan KEWASPADAAN DAN KETELITIAN
   Dalam kegiatan contek menyontek,kewaspadaan merupakan faktor yang paling penting. kelengahan dan kurangnya ketelitian dalam menyontek bisa berakibat fatal. Oleh karena itu kewaspadaan harus lebih ditingkatkan., ketika ketahuan guru kalau kita sedang mencontek yang terjadi pastinya akan sangat memalukan seperti dalm iklan (PINGIN PINTAR,MAKANYA BELAJAR !!, sambil cengingassengingis YA PAK), oleh karena itu hal ini harus diperhatikan dengan benar .Inilah point yang paling sulit,  TAPI TENANG KERABAT CONTEKKER, TAK KASIH TIPS NYA DI LAIN WAKTU.
bisa anda lihat di www.pausestart.blogspot.com

6.      Melatih Kecepatan dan Gerak Refleks
   sebuah penelitian di universitas mana gitu dan ndak tau dilakukan oleh siapa, mengungkap fakta yang cukup mengejutkan sekaligus memberi kabar gembira kepada KERABAT CONTEKKERS. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa 9 dari 10 orang yang suka mencontek lebih baik dari pada yang pasif dan tidak pernah mencontek.
  
   penelitian itu menurut saya terbukti benar, ini cerita waktu saya SMK dulu,  jujur saya tidak pernah mencontek pada saat ujian karena saya belajar, namun waktu itu saya juga ada ujian di pondhok jadi juga harus efisien dalam membagi waktu, namun kenyataanya idak bisa, akhirnya saya tidak belajar dan mencontek teman. Pas ujian KEWIRAUSAHAAN waktu itu sedang yang jadi penunggunya adalah Pak Pur
BARU PERTAMA NYONTEK LANGSUNG KEPERGOK,
   "walah-walah ustadz te yo melu nyonto, ustazd wae sing imane koyo ngono gelem nyonto opo maneh imane awake dewe”sambil agak dagelan gitu, kemudian ditertawakan teman-temanku satu kelas suasana kelas yang dingin menjadi ramai seketika, maka waktu itu juga aku langsung done. MALULAH imageku tercoreng, MAKLUM TAK PERNAH MENCONTEK, hehehe..Padahal temenku sebelah nyontek berkali-kali ke aku ndak Ketahuan tuch.
Tak ulangi lagi karena ane tak patah semangat , ane ngelirik jawaban temen disebelahku, eh ma pengawasdi gini in “ya wes terusno, he eh he eh terusno”
Waduh tambah malu aku. Setelah selesai ujian aku dinasehati “Kau harus lebih banyak latihan pak ust” kejadian itu membuat ane lebih terbuka dan mencoba berkali-kali dan Ahamdulillah sampai sekarang sudah berpengalaman, ane belum pernah ketahuan sampai sekarang walaupun ujian dulu duduk di depan pengawas (hehe, buka kartu). Dengan mencontek ane lebih tau tentang strategi model apapun , entah dengan chat, di krepek di paha cewek cantik...semua nya ane tau karena pernah melihat prosesnya dan mengalaminya. INI BEKAL ane Untuk jadi pengawas Ujian (hehehehehehehe jangan ditiru)
7.      MENDAPATKAN NILAI BAGUS
Nah ini die tujuan yang sesunggunya atau yang paling utama sekaligus manfaat dari nyontek. MENDAPATKAN NILAI BAGUS dan bahkan nilainya lebih tinggi dari pada YANG BELAJAR SERIUS (itupun kalau benar jawabannya dari yang dicontek).

BAB III KESIMPULAN

Nah sekarang sudah tau kan KELEBIHAN-KELEBIHAN DALAM MENCONTEK.
Seperti yang di Dhawuhkan dosenq kalau kita mencari kebaikan dari suatu hal pasti akan ketemu BAIKnya, sebaliknya kalau kita mencari Keburukan suatu Hal Pasti akan ketemu Buruknya.
Dan dhawuh lagi jika tidak ada hal yang dikatakan gratis dan mudah didapat oleh semua orang di dunia ini, pasti ada sorang tertentu yang harus bekerja dengan keras untuk mendapatkannya, kita boleh mengatakan SINAR MATAHARI gratis, tapi tidak semua orang yang berkata demikian, orang-orang kutub harus berjuang jalan jauh untuk mendapatkan sinar matahari.

Nah, Sama dengan mencontek
Mencontek adalah perbuatan tercela dan sangat tidak terpuji, tetapi dilain hal kegiatan ini dilakukan juga untuk strategi kelulusan ^_^
Tidak ada sesuatu yang gratis termasuk mencontek sekalipun, jika ingin nilai bagus ya BELAJAR , jika tak mau ya BELAJAR nyontek,hehehe...

SEKARANG TINGGAL KITA YANG MEMILIH, MENCONTEK ADALAH PERBUATAN TERCELA YANG HENDAKNYA KITA JAUHI ATAU MALAH DIJADIKAN PROJECT UTAMA.
Hidup adalah pilihan, tentukan pilihan anda mulai dari sekarang. ^_^

No comments:

Post a Comment